Wednesday, June 18, 2014

Makna Belajar


Usaha pemahaman mengenai makna belajar ini akan diawali dengan definisi tentang belajar. Ada bebrapa definisi tentang belajar :
  1. Cornbach memberikan definisi, "Learning is shown by a change in behavior as a result of experience"
  2. Harlod Spears memberikan batasannya: "Learning is to observe, to read, to imitate, to try something themseves, to listen, to follow direction".
  3. Geoch, mengatakan : "Learning is a change in performance as a result of practice".

Makna BelajarDari ketiga definisi di atas, maka dapat diterangkan bahwa belajar itu senantiasa merupakan perubahan tingkah laku atau penampilan dan serangkaian kegiatan misalnya dengan membaca, mengamati, mendengarkan,meniru dan lain sebagainya. Juga belajar itu akan lebih baik jika subjek belajar itu mengalami atau melakukannya, jadi tidak bersifat verbalistik
.
Disamping definisi-definisi  tersebut, ada beberapa pengertian yang lain, baik dilihat secara mikro maupun makro, dilihat dalam arti luas ataupun terbatas. Dalam pengertian luas, belajar dapat diartikan sebagai kegiatan psiko-fisik menuju perkembangan pribadi se utuhnya. Kemudian dalam arti sempit, belajar dimaksudkan sebagai usaha penugasan materi ilmu pengetahuan yang merupakan sebadian kegiatan menuju terbentuknya kepribadian seutuhnya. Rlevan dengan arti ini, maka ada pengertian bahwa: “Penambahan pengetahuan”. Definisi atau konsep ini dalam praktek banyak dianut di sekolah-sekolah. Para guru berusaha memberikan ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya dan siswa giat untuk mengumpulkan/menerimanya.

Kemudian ada yang mendefinisikan belajar adalah berubah. Dalam hal ini dimaksudkan belajar berarti usaha mengubah tingkah laku, Jadi belajar akan membawa suatu perubahan pada individu yang belajar. Perubahan itu tidak hanya dalam penambahan pengetahuan, tetapi juga bentuk kecakapan, keterampilan, sikap, penyesuaian diri. Jelasnya menyangkut aspek organisme dan tingkah laku pribadi seseorang.

No comments:

Post a Comment